Panduan Praktis

Hasilkan Prospek dan Tingkatkan Penjualan dengan Iklan WhatsApp: Panduan Praktis untuk Beriklan di WhatsApp [Agustus 2024]

Gabriella
2 Agustus 2024

Ingin menghasilkan lebih banyak prospek menggunakan iklan WhatsApp? Panduan langsung ini menjelaskan tentang iklan WhatsApp, mengapa iklan tersebut berguna untuk menghasilkan prospek dan manfaat iklan WhatsApp berdasarkan industri. Kami juga akan memandu Anda dalam menyiapkannya menggunakan Aplikasi WhatsApp Business dan Meta Ads Manager dan cara mengelola percakapan iklan WhatsApp secara cerdas menggunakan respond.io.

Apa Itu Iklan WhatsApp?

Iklan WhatsApp adalah iklan di Facebook dan Instagram dengan tombol Kirim pesan yang mengarahkan calon pelanggan untuk mengobrol dengan bisnis di WhatsApp. Perhatikan bahwa ini bukan iklan di WhatsApp, karena Meta tidak mengizinkan iklan di WhatsApp.

Iklan WhatsApp adalah iklan di Facebook dan Instagram dengan tombol Kirim pesan yang mengarahkan calon pelanggan untuk mengobrol dengan bisnis di WhatsApp. Perhatikan bahwa ini bukanlah iklan di WhatsApp, karena Meta tidak mengizinkan iklan di WhatsApp. Iklan yang diklik ke WhatsApp dapat ditampilkan di berbagai tempat di Facebook dan Instagram, termasuk Facebook Stories, News Feed, Marketplace, Video Feed, Kolom Kanan, Kotak Masuk Messenger, Instagram Feed, dan Instagram Stories.
Iklan WhatsApp: Bagaimana tampilannya

Iklan yang diklik ke WhatsApp dapat ditampilkan di berbagai tempat di Facebook dan Instagram, termasuk Facebook Stories, News Feed, Marketplace, Video Feed, Kolom Kanan, Kotak Masuk Messenger, Instagram Feed, dan Instagram Stories. Mari kita lihat cara kerjanya di bawah ini.

Iklan WhatsApp: Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika prospek mengklik iklan di ponsel mereka, mereka akan dibawa langsung ke kotak masuk aplikasi WhatsApp untuk memulai percakapan dengan bisnis Anda. Percakapan yang dimulai melalui iklan WhatsApp dilengkapi dengan pesan yang telah diisi sebelumnya yang menyatakan, Saya melihat ini di Facebook, yang dapat diedit atau dihapus, bersama dengan tautan ke iklan.

Prospek juga dapat memilih untuk mengirim pesan khusus. Yang paling penting, percakapan ini menjadi terlihat oleh bisnis hanya setelah prospek mengirim pesan, yang menunjukkan persetujuan dan minat mereka - juga dikenal sebagai keikutsertaan.

Ketika prospek mengklik iklan di ponsel mereka, mereka akan dibawa langsung ke kotak masuk aplikasi WhatsApp untuk memulai percakapan dengan bisnis Anda. Percakapan yang dimulai melalui iklan WhatsApp dilengkapi dengan pesan yang telah diisi sebelumnya yang menyatakan, Saya melihat ini di Facebook, yang dapat diedit atau dihapus, bersama dengan tautan ke iklan.  Prospek juga dapat memilih untuk mengirim pesan khusus. Yang paling penting, percakapan ini menjadi terlihat oleh bisnis hanya setelah prospek mengirim pesan, yang menunjukkan persetujuan dan minat mereka - juga dikenal sebagai opt-in. Setelah prospek memilih untuk ikut serta, Anda dapat mengirim pesan kepada mereka kembali dengan pertanyaan yang memenuhi syarat. Karena prospek telah mengambil langkah pertama untuk mengirim pesan kepada Anda dan berada di puncak ketertarikan, maka membalas pesan dengan segera akan memaksimalkan peluang konversi.  Untuk bisnis yang tidak dapat memiliki seseorang yang tersedia setiap saat, menghubungkan WhatsApp ke perangkat lunak manajemen percakapan pelanggan yang didukung AI menawarkan solusi dengan mengaktifkan kualifikasi prospek secara otomatis. Kita akan membahas lebih lanjut tentang hal ini nanti. Terlepas dari kebutuhan untuk memiliki agen yang siap untuk berinteraksi, Iklan yang diklik di WhatsApp menawarkan manfaat yang signifikan dibandingkan upaya perolehan prospek tradisional
Iklan WhatsApp: Cara kerja iklan klik-ke-WhatsApp

Setelah calon pelanggan memilih untuk bergabung, Anda dapat mengirim pesan kepada mereka dengan pertanyaan-pertanyaan yang memenuhi syarat. Karena prospek telah mengambil langkah pertama untuk mengirim pesan kepada Anda dan berada di puncak minat, maka membalas dengan segera akan memaksimalkan peluang konversi.

Untuk bisnis yang tidak dapat memiliki seseorang yang tersedia setiap saat, menghubungkan WhatsApp ke perangkat lunak manajemen percakapan pelanggan yang didukung oleh AI menawarkan solusi dengan memungkinkan penangkapan dan kualifikasi prospek secara otomatis. Lebih lanjut tentang ini nanti.

Terlepas dari perlunya memiliki agen yang siap untuk terlibat, Iklan yang diklik di WhatsApp menawarkan manfaat yang signifikan dibandingkan upaya perolehan prospek tradisional. Baca terus untuk mengetahui mengapa Anda harus menggunakan Iklan WhatsApp untuk menghasilkan prospek.

Iklan WhatsApp: Mengapa Menggunakan Iklan WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Meskipun Iklan WhatsApp tidak ditempatkan secara langsung di WhatsApp, iklan ini memanfaatkan jangkauan luas Facebook dan Instagram, yang menawarkan cara yang fleksibel kepada prospek untuk memulai obrolan dengan bisnis di aplikasi pilihan mereka.

Pendekatan ini merupakan pergeseran yang signifikan dari periklanan B2B tradisional, yang sering kali mengandalkan iklan yang mengarahkan ke formulir kontak untuk mengumpulkan email atau nomor telepon. Metode ini rentan terhadap tingkat penolakan yang tinggi karena formulir yang panjang dan masalah privasi, belum lagi risiko detail kontak yang tidak akurat yang menyebabkan hilangnya peluang tindak lanjut.

Iklan WhatsApp mengatasi tantangan ini dengan menghilangkan kebutuhan akan formulir kontak, sehingga meningkatkan akurasi penangkapan prospek dan mengurangi tingkat penolakan.

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Meskipun Iklan WhatsApp tidak ditempatkan secara langsung di WhatsApp, iklan ini memanfaatkan jangkauan luas Facebook dan Instagram, menawarkan cara yang fleksibel untuk memulai obrolan dengan bisnis di aplikasi pilihan mereka.  Pendekatan ini merupakan pergeseran yang signifikan dari iklan B2B tradisional, yang sering kali bergantung pada iklan yang menyalurkan prospek ke formulir kontak untuk mengumpulkan email atau nomor telepon. Metode ini rentan terhadap tingkat penolakan yang tinggi karena formulir yang panjang dan masalah privasi, belum lagi risiko detail kontak yang tidak akurat yang menyebabkan hilangnya peluang tindak lanjut. WhatsApp Ads mengatasi tantangan ini dengan meniadakan kebutuhan akan formulir kontak, sehingga meningkatkan akurasi penangkapan prospek dan mengurangi tingkat penolakan. Percakapan dimulai secara langsung di WhatsApp, menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih menarik dan cepat. Kesegeraan ini sangat penting ketika mengobrol dengan prospek yang siap untuk membuat keputusan, karena hal ini memberikan pengaruh langsung kepada bisnis atas pilihan mereka pada saat-saat kritis.  Selain itu, sifat instan dari perpesanan di aplikasi seperti WhatsApp menghasilkan balasan yang cepat dan memungkinkan perkembangan prospek yang lebih lancar dan lebih cepat melalui saluran penjualan dibandingkan dengan waktu respons yang lambat yang terkait dengan kampanye berbasis email tradisional.
Iklan WhatsApp: Mengapa menggunakan Iklan WhatsApp untuk menghasilkan prospek

Percakapan dimulai secara langsung di WhatsApp, menciptakan lingkungan komunikasi yang lebih menarik dan cepat. Kesegeraan ini sangat penting ketika mengobrol dengan prospek yang siap untuk mengambil keputusan, karena hal ini memberikan pengaruh langsung kepada bisnis untuk menentukan pilihan mereka pada saat-saat kritis.

Selain itu, sifat instan dari pengiriman pesan di aplikasi seperti WhatsApp mengarah pada balasan yang cepat, sehingga meningkatkan perkembangan prospek melalui saluran penjualan. Hal ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan waktu respons yang lambat yang sering terlihat pada kampanye berbasis email tradisional.

Sekarang setelah Anda mengetahui mengapa Anda harus memanfaatkan iklan WhatsApp, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan iklan WhatsApp.

Iklan WhatsApp: Menyiapkan Iklan WhatsApp

Anda dapat membuat iklan klik ke WhatsApp dengan salah satu dari dua cara berikut: melalui Aplikasi WhatsApp Business atau Meta Pengelola Iklan. Sebelum menyiapkan iklan klik ke WhatsApp, Anda perlu

Kemudian, ikuti petunjuk di bawah ini untuk menyiapkan iklan Anda. Pertama, kami akan menunjukkan cara membuat iklan di Aplikasi WhatsApp Business, lalu Meta Pengelola Iklan.

Cara Membuat Iklan WhatsApp di Aplikasi WhatsApp Business

Jika Anda menggunakan ponsel Android di wilayah tertentu, Anda dapat membuat iklan WhatsApp tanpa Halaman Facebook menggunakan alamat email Anda. Sama halnya dengan membuat iklan dengan akun Facebook, iklan ini akan muncul di Facebook dan Instagram. Untuk membuat iklan di aplikasi WhatsApp Business dengan akun Facebook, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Ketuk Iklan di tab Pengaturan pada Aplikasi WhatsApp Business Anda

2. Pilih foto dari galeri atau ponsel Anda, item katalog, atau status untuk diiklankan. Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat mengiklankan beberapa foto dan item katalog sekaligus, item yang ingin diiklankan harus disetujui.

3. Ketuk Lanjutkan ke Facebook.

Jika Anda menggunakan ponsel Android di wilayah tertentu, Anda dapat membuat iklan WhatsApp tanpa Halaman Facebook menggunakan alamat email Anda. Sama halnya dengan membuat iklan dengan akun Facebook, iklan ini akan muncul di Facebook dan Instagram. Untuk membuat iklan di aplikasi WhatsApp Business dengan akun Facebook, ikuti langkah-langkah di blog ini.
Membuat Iklan Whatsapp di Aplikasi WhatsApp Business

4. Sisipkan teks iklan dan atur audiens, penempatan iklan, anggaran harian, dan durasi.

5. Tambahkan metode dan informasi pembayaran. Kemudian selesaikan pembayaran untuk iklan.

6. Tinjau Iklan dan ketuk Buat Iklan.

Setelah disetujui, iklan Anda akan ditempatkan di saluran yang Anda pilih. Setelah mengetahui cara menyiapkan iklan WhatsApp di Aplikasi WhatsApp Business, kami akan menunjukkan cara membuat iklan di Meta Pengelola Iklan.

Cara Mengatur Iklan WhatsApp di Meta Manajer Iklan

Untuk membuat iklan yang dapat diklik ke WhatsApp dari Meta Manajer Iklan, buka Pembuatan iklan di dalam Manajer Iklan.

1. Pilih Keterlibatan sebagai tujuan kampanye iklan WhatsApp Anda.

1. Pilih Keterlibatan sebagai tujuan kampanye iklan WhatsApp Anda.
Iklan WhatsApp: Pilih Keterlibatan sebagai tujuan kampanye Anda

2. Edit nama kampanye dan pilih kategori dalam kategori Iklan Khusus untuk menyatakan apakah iklan Anda terkait dengan kredit, pekerjaan, atau perumahan, atau tentang masalah sosial seperti pemilihan umum atau politik.

3. Edit nama kampanye dan pilih kategori di kategori Iklan Khusus untuk menyatakan apakah iklan Anda terkait dengan kredit, pekerjaan, atau perumahan, atau tentang masalah sosial seperti pemilihan umum atau politik.
Edit nama kampanye dan pilih kategori jika ada

Anda juga dapat menyiapkan tes A/B untuk memahami strategi iklan mana yang memberikan hasil jangka panjang terbaik. Ini akan menghemat uang Anda, karena Anda akan menghindari menghabiskan anggaran untuk iklan berkinerja rendah. Kemudian, klik Berikutnya.

3. Pilih aplikasi Perpesanan sebagai lokasi konversi Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas ke Messenger, Instagram , dan WhatsApp.

4. Pilih aplikasi perpesanan sebagai lokasi konversi Anda. Ini akan mengarahkan lalu lintas ke Messenger, Instagram dan WhatsApp.
Iklan WhatsApp: Pilih aplikasi perpesanan sebagai lokasi konversi Anda

4. Pilih Halaman Facebook yang ingin Anda buat iklannya. Kemudian, pilih saluran yang ingin Anda tuju untuk mengarahkan obrolan. Perhatikan bahwa Anda dapat memilih beberapa saluran pesan untuk setiap iklan.

5. Pilih Halaman Facebook yang ingin Anda buat iklannya. Kemudian, pilih saluran yang ingin Anda tuju untuk mengarahkan obrolan. Perhatikan bahwa Anda dapat memilih beberapa saluran pesan untuk setiap iklan.
Pilih Halaman Facebook dan saluran perpesanan yang diinginkan

5. Tetapkan anggaran iklan, jadwal, pemirsa, dan penempatan. Lalu, klik Berikutnya.

6. Tetapkan anggaran iklan, jadwal, pemirsa, dan penempatan. Lalu, klik Berikutnya.
Iklan WhatsApp: Mengatur anggaran, jadwal, audiens, dan penempatan iklan

6. Pilih opsi Buat Iklan di bawah Penyiapan iklan untuk membuat iklan baru. Kemudian, pilih format iklan untuk menyusun iklan Anda. Anda dapat memilih satu gambar atau video. Atau, buat iklan korsel dengan 2 atau lebih gambar yang dapat digulir.

7. Pilih opsi Buat Iklan di bawah Penyiapan iklan untuk membuat iklan baru. Kemudian, pilih format iklan untuk menyusun iklan Anda. Anda dapat memilih satu gambar atau video. Atau, buat iklan korsel dengan 2 atau lebih gambar yang dapat digulir.
Membuat iklan baru

7. Tambahkan gambar atau video untuk iklan Anda. Media yang Anda tambahkan akan dipotong secara otomatis, tetapi Anda dapat mengeditnya secara manual. Perhatikan bahwa visual memainkan peran penting dalam periklanan digital. Mereka harus menarik perhatian pemirsa dalam tiga detik pertama untuk memastikan iklan Anda tidak terlewatkan.

8. Tambahkan gambar atau video untuk iklan Anda. Media yang Anda tambahkan akan dipotong secara otomatis, tetapi Anda dapat mengeditnya secara manual. Perhatikan bahwa visual memainkan peran penting dalam periklanan digital. Mereka harus menarik perhatian pemirsa dalam tiga detik pertama untuk memastikan iklan Anda tidak terlewatkan.
Iklan WhatsApp: Menambahkan gambar atau video

8. Sisipkan teks utama, tulis judul singkat dan tambahkan deskripsi opsional untuk memberi tahu audiens Anda tentang iklan tersebut.

9. Sisipkan teks utama, tulis judul singkat dan tambahkan deskripsi opsional untuk memberi tahu audiens Anda tentang iklan tersebut.
Menyisipkan teks Iklan

9. Buat templat pesan berdasarkan tujuan Anda. Untuk menyapa pelanggan dengan pesan selamat datang dan menampilkan daftar Pertanyaan Umum, gunakan templat Mulai Percakapan. Untuk mengumpulkan informasi untuk kualifikasi prospek, pemesanan janji temu, dan lainnya, gunakan templat Obrolan Otomatis .

10. Buat templat pesan berdasarkan tujuan Anda. Untuk menyapa pelanggan dengan pesan selamat datang dan menampilkan daftar Pertanyaan Umum, gunakan templat Mulai Percakapan. Untuk mengumpulkan informasi untuk kualifikasi prospek, pemesanan janji temu, dan lainnya, gunakan templat Obrolan Otomatis.
Iklan WhatsApp: Membuat templat pesan

10. Tambahkan referensi untuk melacak dari mana prospek Anda berasal. Gunakan format ref= referensi Anda. Anda harus menggunakan referensi unik untuk setiap kampanye.

11. Tambahkan referensi untuk melacak dari mana prospek Anda berasal. Gunakan format ref = referensi Anda. Anda harus menggunakan referensi unik untuk setiap kampanye.
Tambahkan referensi untuk melacak dari mana prospek Anda berasal

Setelah Anda puas dengan konten dan pengaturan iklan, klik Publikasikan untuk meluncurkan iklan.

Meta Proses Peninjauan Iklan

Menurut Ahmed Nassar, Manajer Produk Teknis respond.io, proses peninjauan iklan di Meta melibatkan evaluasi yang ketat untuk memastikan bahwa iklan-iklan tersebut mematuhi pedomanMeta. Pengiklan harus menghindari mempromosikan barang-barang yang dilarang dalam kebijakan ini, karena ketidakpatuhan akan menyebabkan penghentian iklan.

Setelah Anda memasang iklan, pastikan Anda menggunakan solusi yang tepat untuk menangani semua prospek baru. Untuk mengelola percakapan dalam skala besar dan menghasilkan pendapatan dengan WhatsApp, dapatkan akun WhatsApp API dan hubungkan dengan perangkat lunak yang tangguh seperti respond.io.

Sebelum itu, mari kita lihat bagaimana Iklan WhatsApp dapat bermanfaat bagi industri tertentu.

Iklan WhatsApp: Manfaat Khusus Industri

Perusahaan di berbagai sektor telah merasakan manfaat dari penggunaan klik ke iklan WhatsApp. Di bawah ini, kita akan melihat beberapa cara yang dapat digunakan oleh empat industri untuk mendapatkan keuntungan dari Iklan WhatsApp.

Klik ke Iklan WhatsApp untuk Pendidikan

Facebook dan Instagram, yang populer di berbagai kelompok usia, memungkinkan institusi pendidikan untuk menjangkau audiens yang lebih luas secara efektif. Dengan memanfaatkan kemampuan segmentasi audiens iklan WhatsApp, institusi dapat menghubungkan penawaran mereka yang beragam dengan demografi yang tepat. Sebagai contoh, universitas dapat menargetkan orang dewasa muda untuk program sarjana.

Klik ke Iklan WhatsApp untuk Kesehatan dan Kecantikan

Iklan WhatsApp memberdayakan bisnis perawatan kesehatan dan kecantikan untuk meningkatkan konversi prospek dengan merampingkan promosi layanan dan memungkinkan konsultasi instan dan pemesanan janji temu langsung melalui WhatsApp.

Pendekatan ini memungkinkan bisnis untuk menangkap dan mengonversi prospek lebih cepat dengan memfasilitasi tindakan langsung dengan intervensi manusia yang minimal, sehingga merampingkan perjalanan pelanggan dari titik kontak pertama hingga pemesanan.

Klik ke Iklan WhatsApp untuk Real Estat

Agen real estat dapat menggunakan iklan WhatsApp untuk mengiklankan properti terbaru mereka dan dengan cepat terhubung dengan pihak-pihak yang tertarik. Mereka dapat menggunakan WhatsApp untuk menanggapi pertanyaan dengan cepat, menawarkan tur properti virtual, atau menjadwalkan kunjungan langsung.

Hal ini mengurangi waktu dari ketertarikan awal menjadi tindakan, membantu agen mengubah prospek menjadi janji temu dan, pada akhirnya, penjualan dengan lebih efektif.

Klik ke Iklan WhatsApp untuk Otomotif

Perusahaan otomotif dapat memanfaatkan iklan WhatsApp untuk berbagai tujuan strategis. Setelah calon pelanggan memulai kontak, dealer dapat memberikan detail lengkap mengenai model kendaraan, ketersediaan, harga, dan alternatif pembiayaan.

Untuk bisnis yang ingin memanfaatkan iklan WhatsApp, Ahmed Nassar, Manajer Produk Teknis di respond.io, menekankan strategi penting yang dapat diterapkan di semua industri:

"Sangat penting untuk memulai dengan tujuan bisnis yang jelas dan membuat alur kerja yang disesuaikan untuk mencapai tujuan tersebut. Alur kerja ini mungkin memerlukan penyesuaian berdasarkan faktor spesifik seperti audiens target atau lokasi geografis Anda. Namun, dengan ketepatan pengujian A/B, Anda dapat menyempurnakan pendekatan Anda dan memastikan keberhasilan kampanye."

Membawa Iklan WhatsApp ke Level Berikutnya dengan Respond.io

Respond.io adalah penyedia perangkat lunak manajemen percakapan pelanggan bertenaga AI yang bertujuan untuk membantu bisnis menghasilkan prospek dan memungkinkan konversi penjualan melalui percakapan.

Iklan ini telah berhasil membantu bisnis di seluruh dunia untuk mendapatkan lebih banyak prospek yang berkualitas, meningkatkan konversi penjualan, dan mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Di bawah ini, kami akan membahas lima cara cepat untuk menggunakan Iklan WhatsApp dengan respond.io.

Menangkap Prospek melalui Iklan Klik untuk Mengobrol

Facebook dan Instagram adalah platform yang sangat baik untuk mempromosikan bisnis Anda dan berinteraksi dengan audiens Anda. Mengingat pelanggan Anda menghabiskan waktu setiap hari di platform ini, mereka menawarkan banyak peluang untuk memasarkan merek Anda dan menghasilkan prospek.

Sekarang, bayangkan tidak hanya menjangkau di platform ini tetapi juga melanjutkan percakapan dengan lancar di WhatsApp-aplikasi chatting yang paling nyaman untuk Anda dan pelanggan Anda. Ini adalah inti dari iklan klik-ke-obrolan WhatsApp.

Untuk memaksimalkan ROI Anda, gabungkan iklan klik-ke-obrol WhatsApp Anda dengan respond.io. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat perjalanan pelanggan yang dipersonalisasi untuk prospek yang terlibat dengan iklan Anda. Selanjutnya, kita akan membahas tentang apa saja yang dapat dilakukan dalam perjalanan ini.
Menangkap prospek melalui iklan klik untuk mengobrol

Untuk memaksimalkan ROI Anda, gabungkan iklan klik-ke-obrol WhatsApp Anda dengan respond.io. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat perjalanan pelanggan yang dipersonalisasi untuk prospek yang terlibat dengan iklan Anda. Selanjutnya, kita akan membahas tentang apa saja yang dapat dilakukan dalam perjalanan ini.

Mengotomatiskan Pemesanan Janji Temu

Bisnis yang bergantung pada penjadwalan janji temu dapat secara signifikan menghemat waktu agen dengan mengotomatiskan proses pemesanan. Anda dapat menggunakan respond.io Alur Kerja untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi kalender yang digunakan oleh tim penjualan Anda.

Bisnis yang bergantung pada penjadwalan janji temu dapat secara signifikan menghemat waktu agen dengan mengotomatiskan proses pemesanan. Anda dapat menggunakan respond.io Workflows untuk mengintegrasikan WhatsApp dengan aplikasi kalender yang digunakan tim penjualan Anda. Selain itu, respond.io terintegrasi secara native dengan Make dan Zapier, memungkinkan Anda untuk membangun otomatisasi dengan ribuan aplikasi tanpa pengkodean. Jika Anda sudah menggunakan perangkat lunak ini, integrasikan aplikasi Anda secara mulus dengan WhatsApp untuk pengalaman pelanggan terbaik.
Iklan WhatsApp: Mengotomatiskan pemesanan janji temu

Selain itu, respond.io terintegrasi secara native dengan Make dan Zapieryang memungkinkan Anda membangun otomatisasi dengan ribuan aplikasi tanpa coding. Jika Anda sudah menggunakan perangkat lunak ini, integrasikan aplikasi Anda secara mulus dengan WhatsApp untuk pengalaman pelanggan terbaik.

Mengumpulkan Informasi Prospek dan Menjawab Pertanyaan dengan Agen AI

Menanggapi prospek dengan segera akan meningkatkan peluang Anda untuk mengubahnya menjadi penjualan. Namun, sebagian besar perusahaan tidak memiliki sumber daya untuk menangani volume percakapan yang tinggi. Di sinilah otomatisasi dan AI berperan.

Menanggapi prospek dengan segera akan meningkatkan peluang Anda untuk mengubahnya menjadi penjualan. Namun, sebagian besar perusahaan tidak memiliki sumber daya untuk menangani volume percakapan yang tinggi. Di sinilah otomatisasi dan AI berperan. Dengan pembuat otomatisasi alur kerja respond.io, Anda dapat membuat agen AI untuk menjawab pertanyaan dan mengumpulkan informasi prospek. Anda juga dapat menggunakan AI Agent Builder untuk mengonfigurasi AI Agent Anda melalui percakapan interaktif. Hal ini memastikan Agen AI disesuaikan dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan operasional Anda dan hasil yang diinginkan.
Agen AI: Bangun Agen AI Anda untuk mencapai tujuan bisnis

Dengan pembangun otomatisasi Alur Kerja respond.io, Anda dapat membuat agen AI untuk menjawab pertanyaan dan mengumpulkan informasi prospek. Anda juga dapat menggunakan AI Agent Builder untuk mengonfigurasi AI Agent Anda melalui percakapan interaktif. Hal ini memastikan Agen AI disesuaikan dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan operasional dan hasil yang Anda inginkan.

Berkomunikasi secara Cerdas dengan Respond AI

Dengan respond.io, agen tidak perlu berusaha terlalu keras atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membalas prospek, karena mereka dapat menggunakan AI Assist untuk menghasilkan tanggapan terhadap pesan pelanggan secara otomatis.

Hanya dengan sekali klik, AI membuat balasan berdasarkan sumber pengetahuan yang Anda berikan, memastikan setiap jawaban relevan dan sesuai dengan konteks.

Dengan respond.io, agen tidak perlu berusaha terlalu keras atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membalas prospek.  Agen dapat menggunakan AI Assist untuk membuat tanggapan terhadap pesan pelanggan secara otomatis. Hanya dengan sekali klik, AI membuat balasan berdasarkan sumber pengetahuan yang Anda berikan, memastikan setiap tanggapan relevan dan sesuai dengan konteks. Selain itu, dengan AI Prompts, agen dapat dengan mudah menerjemahkan pesan ke dalam lebih dari 90 bahasa, memastikan komunikasi yang efektif lintas negara. Mereka juga dapat membuat komunikasi menjadi lebih tepat dengan menyesuaikan nada pesan dan mengoreksi kesalahan ejaan dan tata bahasa. Dengan menggunakan alat bantu ini untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa, Anda meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi.
Membalas obrolan iklan WhatsApp dengan Agen AI

Selain itu, dengan AI Prompts, agen dapat dengan mudah menerjemahkan pesan ke dalam lebih dari 90 bahasa, sehingga memastikan komunikasi yang efektif di seluruh dunia.

Mereka juga dapat membuat pesan lebih tepat dengan menyesuaikan nada dan mengoreksi kesalahan ejaan dan tata bahasa. Dengan menggunakan alat bantu ini untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa, Anda meningkatkan kemungkinan terjadinya konversi.

Libatkan Kembali Prospek Kapan Saja dengan Templat Pesan

Jadi, Anda telah menangkap prospek dan menambahkannya ke daftar kontak WhatsApp Anda. Apa selanjutnya? Daripada menunggu kontak mengirim pesan kepada Anda, Anda dapat secara proaktif berinteraksi dengan mereka. WhatsApp memungkinkan pengguna WhatsApp API untuk memulai percakapan dengan kontak, tetapi ini hanya dapat dilakukan dengan templat pesan.

Templat pesan harus disetujui terlebih dahulu oleh WhatsApp sebelum dapat digunakan. Sebagai mitra WhatsApp, respond.io memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirimkan templat pesan untuk disetujui, dan mengelola semua templat pesan WhatsApp Anda di platform.

Respond.io memaksimalkan potensi iklan WhatsApp, membantu Anda menghasilkan prospek dan dengan cepat memindahkannya ke saluran penjualan Anda. Dengan menangkap prospek saat minat mereka tinggi, Anda meningkatkan peluang untuk mengubah mereka menjadi pelanggan.

Setelah mereka menjadi pelanggan, Anda dapat memberikan layanan yang luar biasa untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis. Tertarik? Daftar uji coba respond.io gratis dan dapatkan akses ke WhatsApp resmi API hanya dalam hitungan menit.

Bacaan Lebih Lanjut

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda? Jika ya, berikut adalah beberapa bacaan tentang WhatsApp untuk Bisnis.

Gabriella
Penulis Konten
Gabriella adalah Penulis Konten di respond.io, yang mengkhususkan diri sebagai otoritas utama tim untuk WhatsApp sejak tahun 2022. Pengetahuannya yang mendalam tentang aplikasi perpesanan, industri SaaS dan perilaku pelanggan membuat artikelnya menjadi panduan yang sangat diperlukan untuk bisnis yang melek teknologi.
Tags
mofu
Disalin ke Clipboard!