Konsep

6 Contoh Iklan TikTok yang Menarik Perhatian yang Harus Dipelajari Setiap Bisnis

Ryan Tan
11 Oktober 2024

Iklan TikTok berhasil, titik. Dan kami tidak mengada-ada. Ada banyak data di luar sana yang membuktikan hal ini. Tetapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa hanya karena iklan ini berhasil, bukan berarti iklan ini akan berhasil secara otomatis untuk Anda?

Lagi pula, hanya dengan memiliki senjata yang terisi tidak membuat Anda menjadi pemburu yang terlatih.

Membuat iklan TikTok yang sempurna membutuhkan latihan bertahun-tahun, tetapi inilah kabar baiknya: Anda tidak perlu memulai dari awal. Mengapa harus mengulang dari awal? Di blog kami, kami akan menguraikan format iklan TikTok terbaik dan menyoroti beberapa contoh iklan TikTok yang bagus untuk menginspirasi Anda.

Format Iklan TikTok Paling Populer

Saat pertama kali membuka TikTok, Anda mungkin merasa kewalahan dengan banyaknya variasi konten-tantangan menari, trik memasak, tips kehidupan, dan bahkan siaran langsung hewan peliharaan. Format iklan TikTok juga sangat bervariasi, masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Setiap contoh iklan TikTok menggunakan format yang akan kita bahas. Mengetahui mereka adalah kunci untuk setiap kampanye iklan TikTok dan jika Anda ingin beriklan dengan TikTok.
Melihat enam format iklan TikTok teratas yang digunakan merek untuk melibatkan audiens dan meningkatkan hasil

Tapi jangan khawatir. Tetap menggunakan format yang paling populer adalah pilihan yang tepat. Berikut ini enam format yang paling banyak digunakan:

Format Iklan TikTok #1: Iklan Dalam Feed

Ini adalah inti dari Iklan TikTok dan merupakan salah satu yang paling banyak dikenal. Iklan ini menyatu dengan mulus ke dalam Halaman Untuk Anda (FYP) pengguna. Iklan ini juga dapat disukai, dibagikan, dan dikomentari, serta sangat bagus untuk berinteraksi dengan pemirsa. Namun, karena berbaur dengan konten organik, iklan ini dapat dengan mudah dilewati jika tidak menonjol.

Format Iklan TikTok #2: Iklan TopView

Iklan TopView muncul sebagai hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka membuka TikTok, menarik perhatian hingga satu menit penuh. Iklan ini menawarkan visibilitas yang tak tertandingi di antara semua format karena pengguna benar-benar tidak dapat melewatkannya, menjadikannya sangat bagus untuk menarik perhatian secara instan. Meskipun demikian, mengingat label harga premium mereka, mereka mungkin hanya layak untuk bisnis dengan anggaran iklan yang lebih besar.

Format Iklan TikTok #3: Tantangan Tagar Bermerek

Tantangan Tagar Bermerek memanfaatkan komunitas untuk terlibat langsung dengan Anda dengan mendorong pengguna untuk membuat dan membagikan video mereka sendiri dengan tagar yang ditentukan. Namun, tantangan ini harus dirancang dengan hati-hati karena jika tagar tersebut tidak menarik, keterlibatannya mungkin lebih rendah dari yang diharapkan.

Format Iklan TikTok #4: Efek Bermerek

Kadang-kadang digunakan bersama dengan Branded Hashtag Challenges, Branded Effects memungkinkan merek membuat animasi, stiker, dan filter khusus untuk digunakan dan ditambahkan oleh pengguna ke konten mereka. Ini sangat bagus untuk melibatkan audiens yang lebih muda dan meningkatkan kesadaran merek, tetapi bisa jadi sedikit lebih banyak sumber daya dan tidak dijamin akan sukses.

Format Iklan TikTok #5: Iklan Pengambilalihan Merek

Iklan Pengambilalihan Merek muncul ketika pengguna membuka aplikasi, mengisi layar selama beberapa detik sebelum mengarah ke iklan In-Feed atau halaman arahan. Iklan ini berani, tetapi terbatas untuk satu merek per hari, dan biayanya paling cocok untuk kampanye yang lebih besar dengan anggaran besar. Selain itu, perhatikan bahwa mereka tidak mengizinkan komentar dan suka sehingga lebih mudah dikenali sebagai iklan.

Format Iklan TikTok #6: Iklan Spark

Spark Ads memungkinkan brand mengubah postingan TikTok organik yang sudah ada menjadi iklan berbayar, sehingga konten tetap terlihat alami dan menyatu dengan mulus ke dalam feed pengguna. Iklan ini ideal untuk memperkuat konten yang sudah beresonansi dengan audiens, menambahkan sentuhan otentik, tetapi karena iklan ini didasarkan pada postingan yang sudah ada, merek memiliki kontrol yang lebih sedikit atas visual dan pesan.

6 Contoh Iklan TikTok Terbaik untuk Menginspirasi Anda

Merek di seluruh dunia menggunakan iklan TikTok untuk menjangkau jutaan orang. Keenam contoh iklan TikTok ini menunjukkan bagaimana merek-merek ternama menarik perhatian dan mencapai tujuan mereka dengan TikTok:

Contoh Iklan TikTok #1: Kérastase

Kérastase menggunakan iklan in-feed TikTok bersama dengan alat gen prospek untuk mengubah penayangan menjadi prospek yang memenuhi syarat untuk lini perawatan rambut premium mereka di Chili. Dengan menggunakan iklan dalam feed yang menampilkan influencer, mereka menarik perhatian dengan konten yang sesuai dengan target audiens mereka, mengarahkan pengguna ke formulir prospek asli TikTok.

Hal ini menghasilkan lebih dari 24.000 prospek baru dan ROAS sebesar 6,5x. Dengan menawarkan insentif "Hadiah dengan Pembelian Anda", Kérastase mendorong pengguna untuk mengunjungi situs mereka, yang menjadi generator yang kuat untuk pertumbuhan merek dan pengumpulan data.

Contoh Iklan TikTok #2: Cetaphil

Cetaphil meluncurkan kampanye #FaceofCetaphil di TikTok untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konten yang dibuat oleh pengguna. (UGC). Dengan bermitra dengan 223 kreator, Cetaphil mengumpulkan 426 kiriman konten yang menampilkan rutinitas kecantikan menggunakan produk perawatan kulit mereka, yang telah ditonton lebih dari 29 juta kali.

@hellokczo

@Cetaphil Canada #FaceOfCetaphil menyebut hal ini sebagai tren baru untuk tahun 2024 🤍✨

♬ LP Of Soulful Rhodes - Studio Suara Resmi

Cetaphil mengundang para pemenang untuk menghadiri New York Fashion Week, menciptakan kehebohan dan mendorong partisipasi. Brand Lift Study menunjukkan hasil yang mengesankan: peningkatan sebesar 11,2% dalam daya ingat iklan dan peningkatan 3,4% dalam asosiasi merek, yang mencerminkan peningkatan yang sukses dalam visibilitas dan daya ingat merek.

Contoh Iklan TikTok #3: Ristorante Pizza oleh Dr. Oetker

Oetker's Ristorante Pizza menggunakan TikTok untuk membuat merek mereka tak terlupakan oleh anak muda Kanada dengan menggunakan Branded Effects dan Branded Mission dari TikTok. Mereka mendorong para kreator untuk membagikan "Aura Pizza Ristorante" mereka menggunakan efek bermerek, memicu keterlibatan dan menciptakan momen pizza yang tak terlupakan.

@therealvirgokitchen

Temukan Aura Pizza Anda di liburan kali ini bersama @Ristorantecanada! Tidak ingin memasak malam ini? Saya juga tidak (MENGAGETKAN, saya tahu 😆)! Apa alasan yang lebih baik untuk mencoba Pizza Ristorante Dr. Oetker untuk pertama kalinya? BRB mengisi lemari es! 🍕❤️😋 #virgokitchen #droetker #droetkerpizza #droetkerristorante #pizzatok🍕

♬ vlog, bersantai, kehidupan sehari-hari yang tenang (1370843) - SUNNY HOOD STUDIO

Berkolaborasi dengan para kreator makanan dan gaya hidup, kampanye ini berhasil mengumpulkan 78 juta penayangan video dan peningkatan sebesar 8,6% dalam hal recall iklan.

Contoh Iklan TikTok #4: Coke Studio

Coke Studio membawa musik Pakistan ke TikTok. Dengan menggunakan iklan TopView untuk memulai, mereka menjangkau lebih dari 41 juta pengguna di Pakistan, memicu kesadaran yang sangat besar hanya dalam satu hari. Setiap minggunya, mereka meluncurkan teaser dan promo lagu lengkap, membangun gebrakan yang mantap di antara para pencinta musik dan menjaga keterlibatan tetap tinggi.

@cokestudiopakistan

Cinta juga memiliki banyak jalan Dalam tatapan lembut hati, kita semua adalah satu, selalu Kamu adalah kita Kita adalah kamu Dalam tatapan lembut hati, kita semua adalah satu, selalu #Mehmaan #CokeStudio15 #CokeStudioPakistan #SoundOfTheNation

♬ suara asli - Coke Studio Pakistan - Coke Studio Pakistan

Dari jumlah tersebut, 64 juta penayangan video dan tingkat penayangan 15 detik yang mengalahkan tolok ukur industri sebesar 14,5%. Ditambah lagi, biaya per seribu (CPM) yang 9,3% lebih rendah dari rata-rata membuat kampanye ini semakin efisien, mengumpulkan lebih dari 5,7 juta likes, komentar, dan share.

Contoh Iklan TikTok #5: Bellamianta

Untuk Black Friday, Bellamianta memanfaatkan Iklan Spark dan Iklan Belanja Video TikTok untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok Shop. Kampanye mereka menjangkau lebih dari 458.000 pengguna, mencapai peningkatan ROAS sebesar 14x lipat.

@bellamianta

Memperkenalkan Mega Black Friday Box!✨ Produk senilai £103 HANYA dengan harga £30🤯 ...ini adalah matematika dasar perempuan😉 *KETERSEDIAAN TERBATAS #bellamianta #blackfriday #fyp #tiktokmademebuyit

♬ suara asli - Bellamianta

Dengan kemitraan kreator dan konten internal yang memanfaatkan tren TikTok, Bellamianta membuat pengguna tetap terlibat dan kembali lagi. Dengan menargetkan ulang pengunjung sebelumnya dan menganalisis data pengguna, mereka tetap menjadi yang teratas dalam pikiran selama musim belanja.

Contoh Iklan TikTok #6: Tebak

Guess meluncurkan kampanye #InMyDenim dengan menggunakan format iklan Brand Takeover dari TikTok sebagai bagian dari upaya untuk mempromosikan Koleksi Denim Fit Musim Gugur '18. Kampanye ini menantang para pengguna untuk mengubah gaya mereka "dari berantakan menjadi berpakaian terbaik" dalam balutan denim Guess, dengan lagu "I'm a Mess" dari Bebe Rexha sebagai soundtrack.

Iklan Guess mengambil alih layar pembuka, menginspirasi ribuan orang untuk bergabung. Selama enam hari, kampanye ini menghasilkan lebih dari 5.500 video pengguna, 10,5 juta penayangan, tingkat keterlibatan 14,3%, dan 12.000 pengikut baru

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Iklan TikTok

Tidak seperti contoh iklan TikTok yang telah kita bahas, penting juga untuk melihat sisi lain. Tidak semua iklan di TikTok berhasil dan banyak merek yang menjadi mangsa jebakan umum yang akhirnya membuat iklan mereka tidak efektif dan membuang-buang anggaran.

Iklan gratis TikTok, iklan berbayar TikTok, iklan hebat TikTok, dan iklan TIkTok teratas tidak akan selalu memiliki elemen-elemen berikut. Jadi, ingatlah praktik terbaik iklan TIkTok ini.
Berikut adalah beberapa elemen yang umumnya dihindari oleh iklan TikTok yang bagus

Berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan yang harus Anda ingat:

Jangan Abaikan Tren

Menurut TikTok, tren adalah sumber kehidupan platform. Merek yang mengabaikan tren berisiko membuat iklan mereka terlihat ketinggalan zaman atau tidak relevan. Alih-alih berebut untuk memanfaatkan setiap momen viral baru, TikTok menyarankan untuk fokus pada "Sinyal Tren" - tema yang lebih luas dan lebih tahan lama yang membuat merek Anda tetap mengikuti tren tanpa merasa dipaksa.

Pusat Kreatif dan halaman Jelajahi TikTok adalah alat yang hebat untuk menemukan sinyal-sinyal ini, membantu merek menjaga agar iklan mereka tetap segar, relevan, dan selaras dengan apa yang disukai pengguna. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengikuti tren, lihat Ringkasan Tren TikTok.

Jangan Terlalu Berpromosi

Jangan pernah melupakan tujuan utama TikTok dari sudut pandang pengguna: TikTok adalah platform yang menghibur, bukan megafon bagi merek untuk berteriak, "BELI PRODUK SAYA!"

Kami tidak mengatakan bahwa Anda tidak dapat mempromosikan merek Anda, tetapi lakukanlah dengan cara yang menyatu dengan suasana. Gunakan humor, manfaatkan tren dan sehalus mungkin. Yang terpenting, hindari melewati batas antara kreativitas dan wilayah infomersial.

Jangan Abaikan Audiens Anda

Pernahkah Anda mendengar pepatah ketika Anda berbicara kepada semua orang, Anda tidak berbicara kepada siapa pun? Meskipun aplikasi ini menampung setiap genre konten di bawah matahari, bukan berarti Anda bisa mengeluarkan iklan yang cocok untuk semua orang. Anda masih perlu menyesuaikan bahasa, gaya, pesan, dan suasana dengan audiens target Anda.

Luangkan waktu untuk memahami apa yang membuat audiens Anda tertarik dan susunlah pesan Anda sesuai dengan minat mereka. Mereka akan berterima kasih atas perhatian Anda.

Jangan Jarang Memposting

Sering memposting adalah kunci untuk membangun momentum. Algoritme TikTok memberikan penghargaan kepada akun yang memposting secara teratur, jadi usahakan untuk menjaga ritme yang stabil.

Ini bukan tentang membanjiri audiens Anda, tetapi tentang tetap relevan dan memberikan algoritme alasan untuk terus menampilkan konten Anda. Rencanakan jadwal konten yang dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang dan buat kehadiran Anda dikenal secara konsisten agar tetap berada di benak pemirsa.

Jangan Membuat Video Berkualitas Rendah

Sering memposting memang penting, tetapi tidak harus mengorbankan kualitas. Anda tidak memerlukan produksi tingkat Hollywood, tetapi visual yang jelas, pencahayaan yang baik, dan audio yang jernih menunjukkan bahwa Anda peduli dengan citra merek Anda.

Detail-detail kecil ini tidak hanya membuat video Anda terlihat lebih bagus, tetapi juga membantu membangun kepercayaan dengan audiens Anda dengan menunjukkan bahwa merek Anda berusaha keras. Ingat, kualitas lebih penting daripada kuantitas di TikTok.

Bacaan Lebih Lanjut

Jika Anda menyukai artikel ini, Anda mungkin ingin membaca bacaan berikut ini:

Ryan Tan
Penulis Konten
Ryan Tan, lulusan hukum London School of Economics (LSE), adalah seorang Penulis Konten Senior di respond.io. Dia memiliki spesialisasi dalam mengungkap pesan bisnis, memberikan wawasan praktis kepada para pembaca yang dapat membuka jalan menuju pertumbuhan yang kuat.
Tags
tahu
Disalin ke Clipboard!